HTTP://TOTOBIOUNIGAL.BLOGSPOT.COM
WAHANA EDUKASI by TotoBio Unigal Ciamis. Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 01 Juni 2010

CAHAYA

      Dalam keseharian kita sering mendengar istilah cahaya (light)  dan sinar (ray). Apa bedanya cahaya dengan sinar? Cahaya itu menyatakan sinar-sinar tampak, sedangkan sinar tidak hanya terbatas pada sinar-sinar tampak.  Matahari menghasilkan 3 (tiga) jenis sinar, yaitu sinar ultra violet, sinar tampak, dan sinar infra merah.
      Cahaya memiliki dua sifat, yaitu sifat gelombang dan partikel. Cahaya dapat mengalami refleksi, refraksi, berinterferensi sebagaimana sifat gelombang. Cahaya dapat direfleksikan oleh suatu permukaan benda, bergantung pada kondisi permukaan benda itu.
      Garis-garis cahaya mengenai permukaan sangat halus (misalnya cermin), maka  garis-garis cahaya itu direfleksikan secara teratur. Apabila garis-garis cahaya itu mengenai permukaan sangat kasar, maka cahaya direfleksikan secara berpencar. Cahaya juga dapat mengalami refraksi. Apabila seberkas cahaya mengenai permukaan benda bening , misalnya air, cahaya itu sebagian direfleksikan dan sebagian diteruskan tetapi membias. 
       Di samping sifat cahaya sebagai gelombang seperti diuraikan di atas, cahaya juga memiliki sifat  partikel. Partikel adalah paket-paket kecil energi (kuanta). Cahaya dapat memanaskan benda yang disinarinya. 
(Hanca....) 






0 komentar:

 

Daftar Blog Saya

WAHANA EDUKASI Copyright © 2011 dibangun dengan hati oleh Irfa Razak untuk Kepentingan Dunia Pendidikan