HTTP://TOTOBIOUNIGAL.BLOGSPOT.COM
WAHANA EDUKASI by TotoBio Unigal Ciamis. Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 29 Mei 2010

Khotbah Jum'at: PERTOLONGAN ALLAH

Masjid Roudlotul Muttaqin Universitas Galuh Ciamis

Khotbah Jumat, 14 Mei l 2010

Khotib: H. Toto

Khutbah Pertama

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ.

أَمَّا بَعْدُ؛

َيَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ

Hadirin Sidang Jum’at yang dirahmati Allah!

Dalam menjalani kehidupan ini, kita tidak lepas dari kesulitan dan penderitaan. Berbagai kesulitan kadang menimpa kita. Kesulitan dalam belajar, kesulitan dalam mendidik, kesulitan dalam pekerjaan, kesulitan dalam mencari rizki, kesulitan dalam membina rumah tangga, kesulitan dalam mengayomi anak, dan banyak lagi kesulitan-kesulitan yang kita hadapi. Kesulitan dan penderitaan yang menimpa kita, mungkin merupakan teguran atas dosa dan kesalahan kita. Kesulitan dan penderitaan itu mungkin juga sebagai ujian yang diberikan Allah, karena Allah sayang kepada kita.

Bagaimana kita menyikapi kesulitan dan penderitaan itu sehingga sesuai dengan petunjuk-Nya? Al-Quran mengajarkan bahwa kita tidak boleh berputus asa dari rahmat dan pertolongan Allah. Kita mendekatkan diri kepada-Nya agar Allah memberikan pertolongan, sehingga kesulitan dan penderitaan yang menimpa kita segera berlalu. Yang menjadi permasalahan adalah “Sudah pantaskah kita menjadi hamba-hamba Allah yang akan ditolong-Nya?” Inilah yang harus kita jawab dan buktikan dengan amal perbuatan kita.

Hadirin Sidang Jum’at yang dirahmati Allah!

Dikemukakan Miftah Faridl (2010) bahwa dalam al-Qur’an terdapat sepuluh janji Allah yang akan diberikan kepada hamba-hamba-Nya. Janji pertama adalah keberkahan. Berkah adalah suatu anugerah yang benar-benar memberikan kebahagiaan dan kemantapan hidup bagi kita. Rezeki yang berkah adalah rezeki yang memberikan kebahagiaan. Ilmu yang berkah adalah ilmu yang memberikan kebahagiaan hidup. Sebaliknya, rezeki yang tidak berkah adalah rezeki yang tidak melahirkan kenikmatan, tapi justru melahirkan laknat dan kemaksiatan. Berkah Allah itu dijanjikan. Akan dibuka selebar-lebarnya. Akan dikucurkan oleh Allah dari langit dan dikeluarkan dari bumi bagi mereka yang betul-betul memiliki iman dan takwa.

Janji ke-2 adalah kebahagiaan dan kemantapan hidup. Ini dijanjikan oleh Allah bagi orang-orang yang beriman dan bertakwa. Ke-3, furqanah. Furqanah adalah satu jalan yang bisa memisahkan antara yang baik dan buruk, antara yang menyesatkan dan yang membahagiakan, antara hak dan batil. Ke-4, kemudahan. Ke-5, rezeki. Ke-6, jalan keluar dari kesulitan. Ke-7, Allah akan menyertai orang-orang yang beriman dan bertakwa. Ke-8, Allah mencintai mereka yang bertakwa. Ke-9 dan ke-10, ampunan dan kebaikan.

Hadirin Sidang Jum;at yang dirahmati Allah!

Orang-orang yang akan menerima janji Allah adalah mereka yang beriman. Mereka yang memantapkan ibadah shalatnya. Mereka yang siap menginfakkan dan memanfaatkan segala anugerah yang diberikan Allah kepadanya. Dalam Q.S. al-Baqarah:177 Allah menerangkan kriteria orang yang akan mendapatkan sepuluh janji Allah itu. “Pertolongan Allah akan turun kepada mereka yang memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir, dan orang yang meminta-minta, memerdekakan hamba sahaya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam menerima cobaan dan penderitaan.”

Dalam ayat lain Allah juga memberikan kriteria orang-orang yang akan mendapatkan pertolongan-Nya. Di antaranya, mereka yang siap menginfakkan hartanya setiap saat dalam keadaan apa pun. Ketika ia memperoleh keuntungan ataupun mendapatkan kerugian. Mereka yang mampu mengendalikan emosi dan kemarahannya. Mereka yang mampu mengendalikan diri untuk bersikap arif. Mereka yang selalu siap memaafkan kesalahan orang lain. Mereka yang dalam dirinya tidak pernah tumbuh perasaan dendam dan selalu berusaha menegakkan ‘amar ma’ruf nahyi munkar.

Apabila kesulitan menghadang kita, maka ucapkanlah “Hasbunallah wa ni’mal wakiil” (cukuplah Allah sebagai penolong kami). Allah yang maha kokoh yang membebaskan kita dari berbagai kesulitan. Marilah kita jadikan kalimat”Hasbunallah wa ni’mal wakill” sebagai motto dan semboyan hidup kita.

Hadirin Sidang Jum’at yang dirahmati Allah

Apabila kita terlanjur berbuat dosa dan salah, segera sadar bahwa kita telah berbuat salah dan mengakui kesalahan. Kita tidak bersilat lidah untuk membela kesalahan. Kita akui kelemahan diri dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Kita tidak pernah bangga akan dosa yang telah diperbuat, tidak merasa betah di dalam dosa, dan siap bangun di penghujung malam untuk melakukan sujud dengan penuh keikhlasan dan kesungguhan beristigfar menghadap Allah SWT, sehingga kita termasuk orang-orang yang akan mendapatkan pertolongan-Nya.

Khotib menghimbau khususnya bagi diri sendiri dan umumnya bagi civitas akademika Universitas Galuh, serta sidang Jum’at yang berbahagia, marilah kita lakukan gerakan qiyamul lail, shalat di penghujung malam. Selain bekerja keras sesuai dengan bidang dan kemampuan yang kita miliki, kita pun perlu menyediakan waktu di penghujung malam untuk melakukan sujud, tobat, dan istighfar (memohon ampun kepada Allah). Kita memohon pertolongan-Nya, supaya kita terbebas dari segala macam musibah dan kesulitan.

“Dan bertobatlah kamu sekalian kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman supaya kalian beruntung”. (An-nur : 31).

Kita sadar, tidak ada seorang pun di antara kita yang bebas dari perbuatan dosa dan kesalahan. Oleh karena itu, Rasullulah Saw memberikan contoh. Meskipun sudah mendapatkan jaminan dari Allah, tetapi beliau beristighfar lebih dari tujuh puluh kali setiap penghujung malam. Maka pantaslah, kita yang sekarang ini mengharapkan pertolongan Allah menyediakan waktu untuk beristighfar, semoga Allah memberikan apa yang dijanjikannya kepada bangsa dan negara kita secepatnya. Barakallahu li walakum.*



Khutbah Kedua

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ هَدَانَا لِهَذَا وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْ لاَ أَنْ هَدَانَا اللهُ. أَشْهَدُ أَنَّ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ؛

فَيَا أَيُّهَا الْمُؤْمِنُوْنَ، اِتَّقُوا اللهَ تَعَالَى حَقَّ تُقَاتِهِ، وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ وَمَلاَئَكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَالتَّابِعِيْنَ أَجْمَعِيْنَ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ. اَللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهُ، وَأَرِنَا الْبَاطِلَ باَطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ. رَبَّنَا لاَ تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

عِبَادَ اللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُكُمْ بِالْعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيتَآءِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَآءِ وَالْمُنكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ.

oOo

Daftar Pustaka

Al Qorni, A. 2004. Laa Tahzan: Jangan Bersedih. Bandung: Irsyad Baitus Salam

Dhaif, M.N. 2009. Jalan Tobat. Solo: Aqwam Media Profetika

Faridl, M. 2010. Khotbah Jum’at: Menggapai Pertolongan Allah. Bandung: Pusdai

0 komentar:

 

Daftar Blog Saya

WAHANA EDUKASI Copyright © 2011 dibangun dengan hati oleh Irfa Razak untuk Kepentingan Dunia Pendidikan