Toto
Universitas Galuh - Ciamis, Jawa Barat
e-mail: totounigal_cms@yahoo.com
*) Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional di Unila Lampung, 29 Januari 2011
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui respons mahasiswa calon guru biologi terhadap pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) matakuliah Fisika Dasar melalui Blog. Responden penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan biologi pada sebuah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jawa Barat pada semester pertama Tahun Akademik 2010/2011. Responden sebanyak 128 orang (n=128). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Blog dalam pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) matakuliah Fisika Dasar menyenangkan bagi sebagian besar mahasiswa (90,63%). Kelebihan Ujian Akhir Semester (UAS) Fisika Dasar melalui Blog, mahasiswa dapat mendiskusikan soal-soal UAS bersama rekan-rekannya dalam kelompok; dapat memperluas bahan/materi ujian melalui blog-blog lain di internet; tidak merasa stress dalam menghadapi ujian. Namun UAS melalui blog juga memliliki kelemahan yakni memungkinkan mahasiswa meng-copy paste file jawaban UAS dan tidak mempelajari bahan/materi ujian.
Kata kunci: Respons mahasiswa; penggunaan Blog; Ujian Akhir Semester (UAS) Fisika
Dasar
BIOLOGY STUDENT TEACHER CANDIDATE RESPONSE
ON THE FINAL EXAMINATION SEMESTER (FES) FUNDAMENTALS OF PHYSICS
THROUGH BLOG
Toto
Galuh University – Ciamis, West Java
e-mail: totounigal_cms@yahoo.com
ABSTRACT
The purpose of this study is to determine the response of prospective teachers of biology students on the implementation of Final Examination Semester (FES) Fundamentals of Physics through Blog. The respondents are all students of biology education courses at a Private Higher Education in West Java in the first semester of Academic Year 2010/2011. Respondents are 128 men (n = 128). This research was conducted using survey method. Data are collected through questionnaire. The results showed that the use of Blogs in the implementation of Final Examination Semester (FES) Fundamentals of Physics is enjoyable for most students (90.63%). The advantages of Final Examination Semester (FES) Fundamentals of Physics through Blog are the students can discuss issues with colleagues in the group; they can expand the material/examination materials through other blogs in the internet, they do not feel stress of doing the examination. However, the Final Examination Semester (FES) through blogs also has some weaknesses that allows students to copy and paste files answer of the Final Examination Semester (FES) and they do not study material/ examination materials.
Keywords: student responses; the use of blogs; Final Examination Semester (FES)
Fundamentals of Physics
Pendahuluan
Perkembangan media internet seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (T.I.K). Perkembangan T.I.K ini sangat pesat, sehingga memungkinkan pemanfaatannya dalam dunia pendidikan dikembangkan suatu media pembelajaran yang baru. Salah satu media yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran yang memanfaatkan media internet adalah blog. Apakah blog itu? Sebuah blog atau webblog adalah sebagai web pribadi yang berisi link-link ke website lain, dan selalu di-update secara kontinu (Mulyanto, 2009). Lebih lanjut Mulyanto (2009) mengemukakan bahwa webblog pada dasarnya adalah sebuah jurnal yang tersedia di web.
Pada awalnya blog digunakan untuk memuat tulisan-tulisan pribadi. Oleh karena itu, blog bersifat sangat personal. Kini penggunaan blog sudah berkembang, tidak hanya memuat tulisan-tulisan yang bersifat pribadi, tetapi blog dalam dunia pendidikan dapat dimanfaatkan dalam banyak hal, seperti bahan ajar, silabus kuliah, evaluasi belajar, artikel hasil-hasil penelitian dan sebagainya.
Guru dan dosen dapat memanfaatkan blog untuk membantu berlangsungnya pembelajaran. Bahan/materi pelajaran dan perkuliahan dapat dimuat dalam blog pribadi. Bahan ajar yang disusun guru dan dosen dapat diakses dan dipelajari pada setiap saat oleh peserta didik. Dengan demikian guru dan dosen dapat mengembangkan suatu model pembelajaran yang inovatif dengan memanfaatkan media blog. Mengenai pemanfaatan blog, dikemukakan Budi (2007) bahwa blog sebagai media informasi.
Hasil penelitian yang dilakukan Toto (2010) menunjukkan bahwa perkuliahan Fisika Dasar dengan memanfaatkan blog untuk penayangan bahan ajar dapat meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa calon guru Biologi pada materi gerak sebesar 0,57 (kategori sedang).
Di samping pemanfatan blog untuk menayangkan bahan/materi pembelajaran, blog juga dapat digunakan untuk melaksanakan evaluasi. Tentu saja penggunaan blog ini memiliki keunggulan dan kelemahan. Untuk mengetahui bagaimana respons mahasiswa tehadap penggunaan blog dalam Ujian Akhir Semester (UAS), khususnya dalam matakuliah Fisika Dasar, maka perlu dilakukan penelitian. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk menelaah respons mahasiswa calon guru biologi terhadap penggunaan blog dalam pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) matakuliah Fisika Dasar.
Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode survey. Responden dalam penelitian ini ditetapkan secara purposif, yaitu mahasiswa calon guru biologi tingkat I semester 1 Tahun Akademik 2010/2011 sebanyak 128 orang (n=128) yang mengontrak mata kuliah Fisika Dasar I pada sebuah Lembaga Pendidikan Tenaga kependidikan - Perguruan Tinggi Swasta (LPTK-PTS) di Jawa Barat. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan pedoman wawancara. Kuesioner dimuat dalam Blog, dan jawaban mahasiswa dikirim melalui e-mail. Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan responden sebanyak 13 orang (n=13) yang dipilih secara acak dari total responden. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif.
Hasil dan Pembahasan
Data hasil penelitian yang diperoleh melalui kuesioner, yaitu berupa persentase respons mahasiswa calon guru biologi terhadap pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) matakuliah Fisika Dasar melalui Blog. Data hasil penelitian disajikan dalam Tabel 1
Tabel 1 Respons mahasiswa
No. | Pernyataan | % |
1 | Mahasiswa calon guru biologi memiliki account facebook | 96,09 |
2 | Informasi tentang UAS Fisika Dasar diperoleh melalui facebook | 93,75 |
3 | Mahasiswa menyenangi pelaksanaan UAS Fisika Dasar melalui Blog | 90,63 |
4 | Soal-soal UAS Fisika Dasar didiskusikan bersama rekan dalam satu kelompok | 74,22 |
5 | Mahasiswa mencari Blog lain di internet untuk menambah referensi dalam menjawab soal UAS Fisika Dasar | 94,53 |
6 | Perasaan stress berkurang dalam menghadapi UAS Fisika Dasar melalui Blog | 88,28 |
7 | Jawaban UAS Fisika Dasar dikirim melalui e-mail milik sendiri | 97,66 |
8 | Pengiriman jawaban UAS Fisika Dasar via e-mail dibantu orang lain | 17,98 |
9 | Pelaksanaan UAS Fisika Dasar melalui Blog memungkinkan seseorang melakukan copy paste jawaban rekan/teman | 79,69 |
10 | Pelaksanaan UAS Fisika Dasar melalui Blog memungkinkan seseorang tidak mempelajari materi ujian | 64,06 |
11 | Mengecek daftar pengirim jawaban UAS Fisika Dasar dalam Blog pengampu matakuliah | 70,31 |
Hampir seluruh mahasiswa calon guru biologi semester 1 (sebagai responden) telah memiliki account facebook (96,09%), sehingga mereka dapat mengakses informasi yang berkaitan dengan UAS Fisika Dasar dari dosen pengampu matakuliah melalui facebook. Namun sejumlah itu tidak seluruhnya sempat mengakses informasi yang berkaitan dengan UAS Fisika Dasar dari dosen pengampu melalui facebook. Sebagian kecil responden (6,75%) memperoleh informasi mengenai alamat blog yang menayangkan soal UAS Fisika Dasar, awal penayangan soal UAS Fisika Dasar di blog, dan batas akhir pengiriman jawaban UAS mengandalkan informasi dari rekan-rekannya. Informasi yang berkaitan dengan UAS melalui facebook ini dalam upaya pemanfaatan facebook yang bersifat positif. Selama ini banyak orang menuding facebook memiliki dampak negatif, seperti yang dikemukakan Mangkulo (2010), bahwa selama ini facebook dipandang memiliki dampak negatif terhadap semangat belajar.
Sebagian besar mahasiswa calon guru biologi (90,63%) menunjukkan bahwa mereka menyenangi Ujian Akhir Semester (UAS) matakuliah Fisika Dasar melalui blog. Data ini diperkuat melalui wawancara yang dilakukan dengan tiga belas orang responden (10%) yang ditunjuk secara acak dari total responden. Hal ini sejalan dengan komentar responden secara tertulis yang dikirim melalui e-mail, diantara komentar itu sebagai berikut: “Dalam pelaksanaan UAS melalui blog sangat menyenangkan karena kita bisa mengerjakannya kapan saja dengan memanfaatkan waktu luang”; “Menurut saya UAS melalui e-mail itu menyenangkan dan memberikan pengalaman baru bagi saya pribadi. Selain itu kita dapat mengerjakan kapan saja sampai batas waktu ditentukan”; Menurut saya UAS melalui e-mail sangat menyenangkan, tetapi juga banyak hambatannya yaitu banyak mahasiswa yang bekerjasama dalam mengerjakan soal, dan bagi yang bekerja sendiri pun dikira copy paste”; “ UAS melalui e-mail enak, kita tidak harus buru-buru menyelesaikan soal”.
Pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) matakuliah Fisika Dasar melalui blog dapat membuat mahasiswa literasi dalam teknologi, informasi dan komunikasi (ICT literate) sebagaimana komentar yang disampaikan responden secara tertulis melalui e-mail, sebagai berikut: “menurut saya UAS lewat blog ada baik dan buruknya .... kita memanfaatkan teknologi yang ada untuk pendidikan tidak hanya sekedar iseng saja, menjadikan mahasiswa yang tidak bisa menggunakan e-mail menjadi bisa tetapi tidak menutup kemungkinan dengan bantuan orang lain”; “menambah wawasan tentang teknologi terlebih lagi ada blog-blog yang dapat menambah pengetahuan”; dan komentar lainnya: “UAS melalui blog memang ada manfaatnya salah satunya kita lebih bisa menggunakan media internet dan bisa lebih mahir lagi dalam cara pengiriman e-mail”.
Bahan ajar dalam blog, baik blog pribadi milik pengampu mata kuliah maupun blog-blog lainnya di internet sebagai bahan utama dalam ujian akhir semester (UAS) Fisika Dasar, disamping bahan ajar yang disampaikan dalam perkuliahan. Bahan ajar sangat penting dalam suatu pembelajaran, sebagaimana dikemukakan Belawati (2006) bahwa bahan ajar sangat penting artinya bagi guru maupun peserta didik dalam pembelajaran. Bahan ajar memiliki peran penting dalam sistem pendidikan, dan bahan ajar pada hakekatnya merupakan pengetahuan, nilai-nilai dan keterampilan sebagai isi suatu mata pelajaran yang diarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) matakuliah Fisika Dasar melalui blog tidak menutup kemungkinan mahasiswa hanya melakukan copy paste. Hal ini dapat dilihat berdasarkan jumlah pengiriman jawaban UAS, dan didukung data seperti yang tercantum dalam Tabel 2.
Tabel 2 Pengiriman Jawaban UAS Fisika Dasar
No. | Pengiriman Jawaban UAS Fisika Dasar | % |
1 | Satu kali | 100 |
2 | Dua kali | 34,37 |
3 | Tiga kali | 3,91 |
Berdasarkan Tabel 2 di atas, menunjukkan bahwa seluruh responden mengirimkan jawaban UAS Fisika Dasar. Namun berdasarkan pemeriksaan pengampu matakuliah sekaligus sebagai peneliti, terungkap bahwa terdapat 44 orang mahasiswa (34,37%) yang melakukan copy paste jawaban. Dengan tanpa menyebutkan siapa nama-nama mahasiswa yang melakukan copy paste, tetapi hanya mengumumkan di blog bahwa mahasiswa yang merasa melakukan copy paste terhadap jawaban UAS Fisika Dasar, agar direvisi dan mengirim ulang jawaban UASnya. Hal ini sudah diprediksi berdasarkan komentar-komentar responden bahwa UAS melalui blog memungkinkan mahasiswa meng-copy paste jawaban, seperti komentar berikut ini: “UAS melalui e-mail menurut saya kurang baik, karena seseorang mahasiswa dapat dengan mudah meng-copy paste data yang sudah ada dan seseorang mahasiswa banyak yang kurang memahami atas materi yang diujikan”; “UAS melalui e-mail sebenarnya memudahkan dan lebih praktis, namun seringkali terjadi kecurangan dalam menjawab soal UAS”; dan komentar lainnya: “menurut saya, memang memudahkan tetapi bagi sebagian mahasiswi lainnya hanya menggunakan copy paste”.
Mengenai respons mahasiswa terhadap kelebihan dan kelemahan pelaksanaan UAS Fisika Dasar melalui blog dapat dilihat pada Tabel 3
Tabel 3 Kelebihan dan kelemahan UAS Fisika Dasar melalui Blog
No. | Kelebihan UAS melalui blog | Kelemahan UAS melalui blog |
1 2 3 4 5 6 7 | Menyenangkan Meningkatkan semangat dalam mengerjakan soal-soal Tidak membosankan, karena dapat melihat blog lain Dapat menggunakan fasilitas internet Mengurangi stress, was-was dan gelisah Dapat melihat animasi pada blog lain Mendiskusi soal-soal dengan rekan | Mahasiswa melakukan copy paste jawaban Menyuruh orang lain untuk mengerjakan soal-soal UAS Menyebabkan mahasiswa santai dan malas belajar Terpancing main facebook dan game on line Cenderung pengeluaran uang lebih banyak, karena menggunakan fasilitas warnet |
Respons mahasiswa calon guru biologi terhadap pelaksanaan UAS Fisika Dasar melalui blog, dapat menimbulkan berbagai pandangan mereka baik segi positif maupun negatif. Hal ini dipengaruhi oleh kebiasaan mereka dalam pemanfaatan teknologi internet. Perlu pengkajian mengenai minat baca mahasiswa, seperti yang dituturkan mereka dalam komentarnya, bahwa banyak mahasiswa yang tidak mempelajari bahan ajar yang diujikan. Jelas hal ini dapat menurunkan minat baca mahasiswa. Apakah benar penggunaan ICT dapat menurunkan minat baca, perlu studi tentang ini. Tetapi ada pendapat bahwa hal ini tidaklah benar, seperti diungkapkan Solfarina dan Liliasari (2009), yang menyatakan bahwa penerapan ICT dalam pendidikan justru mahasiswa ditantang untuk meningkatkan kemampuan dalam ICT sehingga dapat menggunakan perangkat pendukung dengan efektif dan efesien dan diperlukan kemampuan berpikir kritis untuk memanajemen dan mengevaluasi pemanfaatan ICT dalam pendidikan.
Hasil penelitian sederhana ini dapat memunculkan berbagai permasalahan yang memerlukan studi lebih lanjut, diantara adalah: Bagaimana menghindari copy paste jawaban UAS? Bagaimana meningkatkan minat baca mahasiswa melalui media internet? Bagaimana meningkatkan semangat belajar melalui ICT? Bagaimana mengalihkan perhatian kegemaran facebook-an dan game on line ke arah korridor pendidikan?
Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa calon guru biologi menyenangi penggunaan Blog dalam pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) matakuliah Fisika Dasar. Kelebihan Ujian Akhir Semester (UAS) Fisika Dasar melalui Blog, mahasiswa dapat mendiskusikan soal-soal UAS bersama rekan-rekannya dalam kelompok; dapat memperluas bahan/materi ujian melalui blog-blog lain di internet; tidak merasa stress dalam menghadapi ujian. Kelemahan UAS Fisika Dasar melalaui blog yakni memungkinkan mahasiswa meng-copy paste file jawaban UAS temannya dan tidak mempelajari bahan/materi ujian.
Daftar Pustaka
Belawati, T. dkk. (2006). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka
Budi.wordpress.com/2007/12/01/manfaat-blog-sebagai-media-informasi/. [4 April
2010].
Cotton, K. (2001). Computer Assisted Instruction. [online]. Tersedia: http:www.nwrel.
org/scpd/sirs/5/cu10.html. [15 Januari 2010.
Effendi, E. dan Zhuang, H. (2005). E-Learning: Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta:
Andi Offset.
Koesnandar. (2008). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web. [online]. Tersedia : http:/
www.teknologipendidikan.net/2008/02/pengembangan_bahan-belajar_berbasis_web.
[3 Mei 2008]
Mangkulo, H. A. (2010). Facebook for Sekolahan. Jakarta: Elex Media Komputindo
Mulyanto, A. P. (2009). Go! Blog. Bandung: OASE Media
Oetomo, B.S.D. (2007). e - Education: Konsep, Teknologi, dan Aplikasi Internet Pendidikan.
Yogyakarta: Penerbit Andi
Solfarina dan Liliasari. (2009) Proceeding The 3rd International Seminar on Science
Education: Readness of Prospective Chemistry Teachers to Face Implementation of
Information Tecknology in Education. Bandung: Indonesia University of Education
Toto. (2010). Proceeding The 4th International Seminar on Science Education: The Use
of Blog as Subject Matter in The Lecture of Basic Physiscs to Improve
Teacher Candidates on Biology Students in The Mastery of Motion Concept.
Bandung: Indonesia University of Education
Wiyono, K . dan Taufiq. (2009). Proceeding The 3rd International Seminar on Science
Education: Using Computer Simulation to Improve Concept Comprehension of
Physics Teacher Candidates Students in Special Relativity. Bandung:
Indonesia University of Education
Zulkifli. (2010). Internet For Teacher. Yogyakarta: Cakrawala
0 komentar:
Posting Komentar