HTTP://TOTOBIOUNIGAL.BLOGSPOT.COM
WAHANA EDUKASI by TotoBio Unigal Ciamis. Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 25 Januari 2011

RESPONS MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI TENTANG UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) FISIKA DASAR MELALUI BLOG *)


Toto
Universitas Galuh - Ciamis, Jawa Barat
e-mail: totounigal_cms@yahoo.com
*)  Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional di Unila Lampung, 29 Januari 2011

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui respons mahasiswa calon guru biologi terhadap pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) matakuliah Fisika Dasar melalui Blog. Responden penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan biologi pada sebuah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jawa Barat  pada  semester pertama Tahun Akademik 2010/2011. Responden sebanyak 128 orang (n=128). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Blog dalam pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) matakuliah Fisika Dasar menyenangkan bagi sebagian besar mahasiswa (90,63%). Kelebihan Ujian Akhir Semester (UAS) Fisika Dasar melalui Blog,  mahasiswa dapat mendiskusikan  soal-soal UAS bersama rekan-rekannya dalam kelompok; dapat memperluas bahan/materi ujian melalui blog-blog lain di internet; tidak merasa stress dalam menghadapi ujian. Namun UAS melalui blog juga  memliliki kelemahan yakni memungkinkan mahasiswa meng-copy paste file jawaban UAS dan tidak mempelajari bahan/materi ujian.

Kata kunci:  Respons  mahasiswa;   penggunaan  Blog;   Ujian  Akhir Semester  (UAS) Fisika
                    Dasar


BIOLOGY STUDENT TEACHER CANDIDATE RESPONSE
ON THE FINAL EXAMINATION SEMESTER (FES) FUNDAMENTALS OF PHYSICS
THROUGH BLOG


Toto
Galuh University – Ciamis, West Java
e-mail: totounigal_cms@yahoo.com

ABSTRACT

The purpose of this study is to determine the response of prospective teachers of biology students on the implementation of Final Examination Semester (FES) Fundamentals of Physics through Blog. The respondents are all students of biology education courses at a Private Higher Education in West Java in the first semester of Academic Year 2010/2011. Respondents are 128 men (n = 128). This research was conducted using survey method. Data are collected through questionnaire. The results showed that the use of Blogs in the implementation of Final Examination Semester (FES) Fundamentals of Physics is enjoyable for most students (90.63%). The advantages of Final Examination Semester (FES) Fundamentals of Physics through Blog are the students can discuss issues with colleagues in the group; they can expand the material/examination materials through other blogs in the internet, they do not feel stress of doing the examination. However, the Final Examination Semester (FES) through blogs also has some weaknesses that allows students to copy and paste files answer of the Final Examination Semester (FES) and they do not study material/ examination materials.

Keywords:   student   responses;    the  use  of   blogs;   Final  Examination  Semester  (FES)
                    Fundamentals of Physics
Pendahuluan

Perkembangan media internet seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (T.I.K). Perkembangan T.I.K ini sangat pesat, sehingga  memungkinkan pemanfaatannya dalam dunia pendidikan dikembangkan suatu media pembelajaran yang baru. Salah satu media yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran yang memanfaatkan media internet adalah blog. Apakah blog itu? Sebuah blog atau webblog adalah sebagai web pribadi yang berisi link-link ke website lain, dan selalu di-update secara kontinu (Mulyanto, 2009). Lebih lanjut Mulyanto (2009) mengemukakan bahwa webblog pada dasarnya adalah sebuah jurnal yang tersedia di web.

Pada awalnya blog digunakan untuk memuat tulisan-tulisan pribadi. Oleh karena itu, blog bersifat sangat personal. Kini penggunaan blog sudah berkembang, tidak hanya memuat tulisan-tulisan yang bersifat pribadi, tetapi blog dalam dunia pendidikan dapat dimanfaatkan dalam banyak hal, seperti  bahan ajar, silabus kuliah, evaluasi belajar, artikel hasil-hasil penelitian dan sebagainya.
Guru dan dosen dapat memanfaatkan blog  untuk membantu berlangsungnya  pembelajaran. Bahan/materi  pelajaran dan perkuliahan dapat dimuat dalam blog pribadi.  Bahan ajar yang disusun guru dan  dosen dapat  diakses dan dipelajari pada setiap saat oleh peserta didik. Dengan demikian guru dan dosen dapat mengembangkan suatu model pembelajaran yang inovatif dengan memanfaatkan media blog. Mengenai pemanfaatan blog, dikemukakan Budi (2007) bahwa  blog sebagai media informasi.
Hasil penelitian yang dilakukan Toto (2010)  menunjukkan bahwa perkuliahan Fisika Dasar dengan memanfaatkan blog untuk penayangan  bahan ajar dapat meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa calon guru Biologi pada materi gerak sebesar 0,57   (kategori sedang).
Di samping pemanfatan blog untuk menayangkan bahan/materi pembelajaran, blog juga dapat digunakan untuk melaksanakan evaluasi. Tentu saja penggunaan blog ini memiliki keunggulan dan kelemahan. Untuk mengetahui bagaimana respons mahasiswa tehadap  penggunaan blog dalam Ujian Akhir Semester (UAS), khususnya dalam matakuliah Fisika Dasar, maka perlu dilakukan penelitian. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk menelaah respons mahasiswa calon guru biologi terhadap penggunaan blog dalam pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS)  matakuliah Fisika Dasar.

Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode survey. Responden dalam penelitian ini ditetapkan secara purposif, yaitu mahasiswa calon guru biologi tingkat I semester 1 Tahun Akademik 2010/2011 sebanyak 128 orang (n=128) yang mengontrak mata kuliah Fisika Dasar I  pada sebuah Lembaga Pendidikan  Tenaga kependidikan - Perguruan Tinggi Swasta  (LPTK-PTS) di Jawa Barat. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan pedoman wawancara. Kuesioner dimuat dalam Blog,  dan jawaban mahasiswa dikirim melalui e-mail. Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan responden sebanyak 13 orang (n=13) yang dipilih secara acak dari total responden. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif.

Hasil dan Pembahasan
Data hasil penelitian yang diperoleh melalui kuesioner, yaitu berupa persentase respons mahasiswa  calon guru biologi terhadap pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) matakuliah Fisika Dasar melalui Blog. Data hasil penelitian disajikan dalam Tabel 1
Tabel 1 Respons mahasiswa
No.
Pernyataan
%
1
Mahasiswa calon guru biologi memiliki account facebook
96,09
2
Informasi tentang UAS Fisika Dasar diperoleh melalui facebook
93,75
3
Mahasiswa menyenangi pelaksanaan UAS Fisika Dasar melalui Blog
90,63
4
Soal-soal UAS Fisika Dasar didiskusikan bersama rekan dalam satu kelompok
74,22
5
Mahasiswa mencari Blog lain di internet untuk menambah referensi dalam menjawab soal UAS Fisika Dasar
94,53
6
Perasaan stress berkurang dalam menghadapi UAS Fisika Dasar melalui Blog
88,28
7
Jawaban UAS Fisika Dasar dikirim  melalui e-mail milik sendiri
97,66
8
Pengiriman jawaban UAS Fisika Dasar via e-mail dibantu orang lain
17,98
9
Pelaksanaan UAS Fisika Dasar melalui Blog memungkinkan seseorang melakukan copy paste jawaban rekan/teman
79,69
10
Pelaksanaan UAS Fisika Dasar melalui Blog memungkinkan seseorang tidak mempelajari materi ujian
64,06
11
Mengecek daftar pengirim jawaban UAS Fisika Dasar dalam Blog pengampu matakuliah
70,31

Hampir seluruh mahasiswa calon guru biologi semester 1 (sebagai responden) telah memiliki account facebook (96,09%), sehingga mereka dapat mengakses informasi yang berkaitan dengan UAS Fisika Dasar dari dosen pengampu matakuliah melalui facebook. Namun sejumlah itu tidak seluruhnya sempat mengakses informasi yang berkaitan dengan UAS Fisika Dasar dari dosen pengampu  melalui facebook. Sebagian kecil responden (6,75%) memperoleh informasi mengenai alamat blog yang menayangkan  soal UAS  Fisika Dasar, awal  penayangan soal UAS Fisika Dasar  di blog, dan batas akhir  pengiriman  jawaban UAS mengandalkan informasi dari rekan-rekannya. Informasi yang berkaitan dengan UAS melalui facebook ini dalam upaya pemanfaatan facebook yang bersifat positif. Selama ini banyak orang menuding facebook memiliki dampak negatif, seperti yang dikemukakan Mangkulo (2010), bahwa selama ini facebook dipandang memiliki dampak negatif terhadap semangat belajar.
Sebagian besar mahasiswa calon  guru biologi (90,63%) menunjukkan bahwa mereka menyenangi Ujian Akhir Semester (UAS) matakuliah Fisika Dasar melalui blog.  Data ini diperkuat melalui  wawancara yang dilakukan dengan  tiga belas orang responden (10%) yang ditunjuk secara acak dari total responden. Hal ini sejalan dengan komentar responden secara tertulis yang dikirim melalui e-mail, diantara komentar itu sebagai berikut: “Dalam pelaksanaan UAS melalui blog sangat menyenangkan karena kita bisa mengerjakannya kapan saja dengan memanfaatkan waktu luang”;  “Menurut saya UAS melalui e-mail itu menyenangkan dan memberikan pengalaman baru bagi saya pribadi. Selain itu kita dapat mengerjakan kapan saja sampai batas waktu ditentukan”;  Menurut saya UAS melalui e-mail sangat menyenangkan, tetapi juga banyak hambatannya yaitu banyak mahasiswa yang bekerjasama dalam mengerjakan soal, dan bagi yang bekerja sendiri pun dikira copy paste”;  “ UAS melalui e-mail enak, kita tidak harus buru-buru menyelesaikan soal”.
            Pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) matakuliah Fisika Dasar melalui blog  dapat membuat mahasiswa literasi dalam teknologi, informasi dan komunikasi (ICT literate) sebagaimana komentar yang disampaikan responden secara tertulis melalui e-mail, sebagai  berikut: “menurut saya UAS  lewat blog ada baik dan buruknya .... kita memanfaatkan teknologi yang ada untuk pendidikan tidak hanya sekedar iseng saja, menjadikan mahasiswa yang tidak bisa menggunakan e-mail menjadi bisa tetapi tidak menutup kemungkinan dengan bantuan  orang lain”;  “menambah wawasan tentang teknologi terlebih lagi ada blog-blog yang dapat menambah pengetahuan”;   dan komentar lainnya: “UAS melalui blog memang ada manfaatnya salah satunya kita lebih bisa menggunakan media internet dan bisa lebih mahir lagi dalam cara pengiriman e-mail”.
Bahan ajar dalam blog, baik blog pribadi milik pengampu mata kuliah maupun blog-blog lainnya di internet sebagai bahan  utama dalam ujian akhir semester (UAS) Fisika Dasar,  disamping bahan ajar yang disampaikan dalam perkuliahan. Bahan ajar sangat penting dalam suatu pembelajaran, sebagaimana dikemukakan Belawati (2006) bahwa bahan ajar sangat penting artinya bagi guru maupun peserta didik dalam pembelajaran. Bahan ajar memiliki peran penting dalam sistem pendidikan, dan bahan ajar pada hakekatnya merupakan pengetahuan, nilai-nilai dan keterampilan sebagai isi suatu mata pelajaran yang diarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) matakuliah Fisika Dasar melalui blog tidak menutup kemungkinan mahasiswa hanya melakukan copy paste. Hal ini dapat dilihat berdasarkan jumlah pengiriman jawaban UAS, dan didukung data seperti yang tercantum dalam Tabel 2.


Tabel 2  Pengiriman Jawaban UAS Fisika Dasar

No.
Pengiriman Jawaban UAS Fisika Dasar
%
1
Satu kali
     100
2
Dua kali
  34,37
3
Tiga kali
    3,91

Berdasarkan Tabel 2 di atas, menunjukkan bahwa seluruh responden mengirimkan jawaban  UAS Fisika Dasar. Namun berdasarkan pemeriksaan pengampu matakuliah sekaligus sebagai  peneliti, terungkap bahwa terdapat 44 orang mahasiswa (34,37%) yang melakukan copy paste jawaban.  Dengan tanpa menyebutkan siapa nama-nama mahasiswa yang melakukan copy paste, tetapi hanya mengumumkan di blog bahwa mahasiswa yang merasa melakukan copy paste terhadap jawaban UAS Fisika Dasar, agar direvisi dan mengirim ulang jawaban UASnya. Hal ini sudah diprediksi berdasarkan komentar-komentar responden bahwa UAS melalui blog memungkinkan mahasiswa meng-copy paste jawaban, seperti komentar berikut ini: “UAS melalui e-mail menurut saya kurang baik, karena seseorang mahasiswa dapat dengan mudah meng-copy paste  data yang sudah ada dan seseorang mahasiswa banyak yang kurang memahami atas materi yang diujikan”;  “UAS melalui e-mail sebenarnya memudahkan dan lebih praktis, namun seringkali terjadi kecurangan  dalam menjawab soal UAS”;  dan komentar lainnya: “menurut saya, memang memudahkan tetapi bagi sebagian mahasiswi lainnya hanya menggunakan copy paste”.
            Mengenai respons mahasiswa terhadap kelebihan dan kelemahan pelaksanaan UAS Fisika Dasar melalui blog dapat dilihat pada Tabel 3

Tabel 3  Kelebihan dan kelemahan UAS Fisika Dasar melalui Blog

No.
Kelebihan UAS melalui blog
Kelemahan UAS melalui blog
1

2

3

4

5
6

7
Menyenangkan

Meningkatkan semangat dalam mengerjakan soal-soal
Tidak membosankan, karena dapat melihat blog lain
Dapat menggunakan fasilitas internet

Mengurangi stress, was-was dan gelisah
Dapat melihat animasi pada blog lain

Mendiskusi soal-soal dengan rekan
Mahasiswa melakukan copy paste jawaban
Menyuruh orang lain untuk mengerjakan soal-soal UAS
Menyebabkan mahasiswa santai dan malas belajar
Terpancing main facebook dan game on line
Cenderung pengeluaran uang lebih banyak, karena menggunakan fasilitas warnet

            Respons mahasiswa calon guru biologi  terhadap pelaksanaan UAS Fisika Dasar melalui blog, dapat menimbulkan berbagai pandangan mereka baik segi positif maupun negatif. Hal ini dipengaruhi oleh kebiasaan mereka dalam pemanfaatan teknologi internet. Perlu pengkajian mengenai minat baca mahasiswa, seperti yang dituturkan mereka dalam komentarnya, bahwa banyak  mahasiswa yang tidak mempelajari bahan ajar yang diujikan.  Jelas hal ini dapat menurunkan minat baca mahasiswa. Apakah benar penggunaan ICT dapat  menurunkan minat baca, perlu studi tentang ini. Tetapi ada  pendapat bahwa hal ini tidaklah benar, seperti diungkapkan  Solfarina dan Liliasari (2009), yang menyatakan bahwa penerapan ICT dalam pendidikan justru mahasiswa ditantang untuk meningkatkan kemampuan dalam ICT sehingga dapat menggunakan perangkat pendukung dengan efektif dan efesien dan diperlukan kemampuan berpikir kritis untuk memanajemen dan mengevaluasi pemanfaatan ICT dalam pendidikan.
            Hasil penelitian sederhana ini dapat memunculkan berbagai permasalahan yang memerlukan studi lebih lanjut, diantara adalah: Bagaimana menghindari copy paste jawaban UAS? Bagaimana meningkatkan minat baca mahasiswa melalui media internet? Bagaimana meningkatkan semangat belajar melalui ICT? Bagaimana mengalihkan perhatian kegemaran facebook-an dan game on line ke arah korridor pendidikan?

Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa calon guru biologi  menyenangi penggunaan Blog dalam pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) matakuliah Fisika Dasar. Kelebihan Ujian Akhir Semester (UAS) Fisika Dasar melalui Blog,  mahasiswa dapat mendiskusikan  soal-soal UAS bersama rekan-rekannya dalam kelompok; dapat memperluas bahan/materi ujian melalui blog-blog lain di internet; tidak merasa stress dalam menghadapi ujian. Kelemahan UAS Fisika Dasar melalaui blog yakni memungkinkan mahasiswa meng-copy paste file jawaban UAS temannya dan tidak mempelajari bahan/materi ujian.

Daftar Pustaka

Belawati, T. dkk. (2006). Pengembangan Bahan Ajar.  Jakarta: Universitas Terbuka

Budi.  (2007).  Manfaat   Blog  Sebagai  Media  Informasi.  [online].  Tersedia:   http://Kang
       Budi.wordpress.com/2007/12/01/manfaat-blog-sebagai-media-informasi/.   [4 April 
       2010].

Cotton,  K.  (2001). Computer  Assisted Instruction. [online]. Tersedia:  http:www.nwrel.
        org/scpd/sirs/5/cu10.html. [15 Januari 2010.

Effendi,  E.  dan  Zhuang,  H.  (2005).  E-Learning:  Konsep  dan Aplikasi.  Yogyakarta: 
        Andi Offset.
Koesnandar. (2008). Pengembangan  Bahan  Ajar  Berbasis  Web.  [online].  Tersedia : http:/
          www.teknologipendidikan.net/2008/02/pengembangan_bahan-­belajar_berbasis_web.
          [3 Mei 2008]

Mangkulo, H. A. (2010). Facebook for Sekolahan. Jakarta: Elex Media Komputindo

Mulyanto, A. P. (2009). Go! Blog. Bandung: OASE  Media

Oetomo, B.S.D.  (2007). e - Education:  Konsep, Teknologi, dan Aplikasi Internet Pendidikan.
           Yogyakarta: Penerbit Andi

Solfarina  dan  Liliasari.  (2009)   Proceeding   The 3rd   International  Seminar   on   Science
        Education:   Readness  of  Prospective  Chemistry  Teachers to Face Implementation of
        Information Tecknology in Education.  Bandung:    Indonesia   University of Education

Toto.  (2010).  Proceeding  The 4th   International  Seminar  on Science Education: The Use
         of   Blog   as   Subject   Matter   in   The   Lecture   of   Basic   Physiscs   to   Improve  
         Teacher  Candidates  on  Biology  Students  in  The   Mastery  of   Motion Concept.
          Bandung:  Indonesia  University of Education

Wiyono,  K . dan  Taufiq.  (2009).  Proceeding  The 3rd   International  Seminar   on   Science
        Education:   Using   Computer   Simulation   to   Improve  Concept   Comprehension   of
        Physics    Teacher    Candidates    Students    in   Special   Relativity.     Bandung:  
        Indonesia   University of Education

Zulkifli. (2010).  Internet For Teacher. Yogyakarta: Cakrawala

0 komentar:

 

Daftar Blog Saya

WAHANA EDUKASI Copyright © 2011 dibangun dengan hati oleh Irfa Razak untuk Kepentingan Dunia Pendidikan